Press Release Seminar Online: Menjaga Kesehatan Mental dan Produktivitas selama Self-quarantine

Patahkan Sekat melaksanakan seminar online bertajuk “Menjaga Kesehatan Mental dan Produktivitas Selama Self-Quarantine” pada hari Senin, 13 April 2020 melalui grup WhatsApp. Pembicara pada seminar kali ini adalah Irwan Rosadi, S. Psi, seorang konselor psikologi di Detection Center Psychology, praktisi psikologi klinis, tenaga pengajar dari Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta, dan asisten dosen di Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Seminar ini sukses terselenggara atas dukungan media partner yaitu BEM FEB UGM.

Seminar ini terdiri atas lima sesi, yaitu: pembukaan, pemaparan materi oleh narasumber, sesi tanya jawab pertama, sesi tanya jawab kedua, dan penutupan. Pembukaan dimulai jam tujuh malam oleh moderator dengan pemaparan tata tertib dan pengenalan komunitas serta media partner. Moderator pada seminar kali ini yaitu Dinda Younfa, anggota divisi Research Patahkan Sekat. Setelah pembukaan, moderator memperkenalkan dan membacakan CV narasumber. Pada pukul 19.15, narasumber memaparkan materi yang sudah dikemas dalam bentuk powerpoint dan dijelaskan lebih lanjut melalui room chat  seminar. Beberapa poin materi yang disampaikan:

  1. Deteksi kondisi mental melalui gejala fisik, psikologis, dan sosial. Dengan begitu kita dapat mengukur perlu atau tidaknya kita untuk bertemu tenaga profesional;
  2. Stres dapat memengaruhi kesehatan mental kita. Salah satu sumber stres yang sedang tren saat ini adalah pandemi Covid-19;
  3. Otak dan tubuh saling terhubung. Itu berarti kesehatan mental kita dapat memengaruhi kesehatan tubuh, sebab stres mampu menurunkan sistem imun tubuh kita. Hal ini dapat dicegah melalui regulasi emosi;
  4. Merasakan kecemasan karena Covid-19 merupakan hal yang wajar, selama kecemasan tersebut tidak berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan tidak mengganggu aktivitas harian.

Sesi tanya jawab dimulai pada pukul 19.39. Para peserta seminar menunjukkan antusiasme yang tinggi dengan memberikan total delapan belas pertanyaan dalam dua sesi tanya jawab yang dibuka. Pada sesi tanya jawab ini, pemateri memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental kita selama self-quarantine, yaitu:

  1. Mulai menyusun agenda kegiatan harian sehingga tidak melakukan aktivitas yang monoton;
  2. Saring informasi yang didapat mengenai Covid-19 untuk menghindari stress berlebihan;
  3. Tetap berkomunikasi dengan teman dan kerabat melalui media sosial;
  4. Jangan memendam emosi dan sampaikanlah kegelisahanmu kepada orang-orang terdekat yang dapat dipercaya;
  5. Terlalu banyak memakai media sosial juga dapat menyebabkan stress. Jika hal tersebut sudah terjadi, Anda bisa berpuasa media sosial dan  melakukan hal-hal yang Anda sukai atau me time.

Sesi terakhir adalah penutupan. Seminar ditutup pada pukul 20.55 oleh moderator. Pada pukul 22.01, peserta dibagikan notula hasil seminar dalam bentuk PDF dan e-certificate.

Leave a Reply