Patahkan Sekat

We Care, We Share, We Inspire

Patahkan Sekat

Tepat Memilah Informasi di Tengah Pandemi

Sumber Informasi Selama Pandemi Covid-19- Patahkan Sekat

Mudahnya Mengakses Informasi

Era yang serba digital saat ini sangat memudahkan sekali bagi kita untuk memperoleh suatu informasi,  salah satunya dalam bentuk teks dari group chat, link, atau bisa dibilang hanya dalam satu ketukan jari. Mudahnya info yang diperoleh mengharuskan kita sebagai pembaca untuk berhati-hati dalam mencerna informasi tersebut, karena adanya kemungkinan informasi dari artikel atau berita yang diterima itu tidak reliabel, tidak valid, tidak dapat dibuktikan kebenarannya atau biasa kita sebut hoaks. Hal seperti ini sebaiknya kita hindari khususnya dalam waktu sekarang dimana seluruh masyarakat dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Semenjak virus ini memasuki Indonesia Maret lalu. banyak sekali berita yang bermunculan terkait Covid-19 seperti; titik penyebaran virus, jumlah orang yang terinfeksi, cara menyembuhkan, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi virus ini, cara pencegahan dan sebagainya.

Informasi yang Beredar

Informasi mengenai beberapa penyebaran data seperti titik penyebaran, penularan virus dan stok kebutuhan pokok (makanan, obat, peralatan medis) membuat beberapa orang menjadi panik. Belum lagi aktivitas dan sarana jadi terbatas akibat peraturan pemerintah yang mengharuskan kita semua untuk tetap #DiRumahAja, sehingga tidak banyak yang dapat dilakukan dalam menghadapi pandemi ini. Khususnya orang-orang yang terpisah dari keluarganya dan harus mengisolasi diri sendiri. Ada beberapa info dan penjelasan mengenai covid-19 ini bisa dikatakan tidak otentik dan kurang reliabel.

Tips memilah Informasi yang Tepat

Untuk menghindari kesalahan informasi demi keamanan juga kesehatan fisik dan mental berikut adalah tips memilih informasi yang baik dan benar:

  1. Pastikan sumber informasi yang didapatkan reliable dan terpercaya

Ketika membaca berita atau mendapatkan sebuah informasi pastikan sumber berita yang kita terima reliable atau bersumber dari media-media resmi untuk memastikan bahwa informasi yang diterima adalah benar.

  1. Jangan mudah percaya dengan informasi dari group chat

Dengan mudahnya akses social media, orang-orang dengan mudahnya bertukar informasi hanya dengan modal mengetik dan mengetuk ikon “kirim” dan beberapa orang dengan mudahnya terpengaruh dan percaya dengan informasi yang diterima. Pastikan ketika menerima pesan dari group chat disertakan dengan link artikel dari website resmi.

  1. Pastikan kondisi diri sedang baik-baik saja secara fisik dan mental

Jika kondisi tubuh atau pikiran mudah terpengaruh maka hindari berita-berita yang membuat anda tidak nyaman atau mempengaruhi pikiran anda. Karena disaat seperti ini orang-orang rentan mengalami keresahan atau kecemasan berlebih akibat berita pandemi yang beredar dimana-mana.

  1. Lakukan riset lebih lanjut untuk memastikan validitas berita atau informasi

Setelah membaca berita atau mendapatkan informasi dari mana saja, baiknya kita melakukan riset sendiri melalui internet yang dapat kita akses dengan mudah. Carilah sumber informasi dari website resmi untuk memastikan kebenaran informasi yang didapat.

  1. Tetap tenang

Apapun informasi yang beredar terkait pandemi ini, pastikan anda tetap tenang dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Semoga kita mampu untuk menerapkan poin – poin tersebut dalam berliterasi di kehidupan sehari – hari, sehingga dapat membantu kita untuk terhindar dari kesalahan informasi yang banyak beredar dan kita semua menjadi pembaca yang cerdas dan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *