Patahkan Sekat

We Care, We Share, We Inspire

Patahkan Sekat

Pentingnya Kesehatan Mental

Pentingnya Kesehatan Mental

Oleh: Dinda An’nisa Younfa, Putri Hafisyah, Rafa Yusranti Multazam

DEFINISI KESEHATAN MENTAL

Kesehatan mental meliputi suatu keadaan psikologis, emosional dan kesejahteraan sosial individu. Kesehatan mental juga mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasakan dan berperilaku. Selain itu, hal ini juga menentukan bagaimana seseorang menghadapi suatu tekanan, memahami seseorang juga dalam menentukan pilihan.

Kesehatan mental memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan fisik. Rendahnya kesehatan mental seseorang maka kesehatan fisiknya pun ikut menurun, begitu pula sebaliknya. Karena banyaknya aspek yang meliputi kesehatan mental seperti emosi, kemampuan bersosial, cara berpikir dan berperilaku, maka kesehatan mental sangatlah penting untuk dijaga agar seseorang dapat berfungsi secara maksimal untuk dirinya sendiri dan orang lain.

Pentingnya Kesehatan Mental

Penjelasan dari mental health spectrum di atas terdiri dari fase healhty yang ditandai dengan fluktuasi perasaan yang normal, performa yang baik, mampu mengontrol, aktif secara fisik dan sosial, tidur yang sehat. Pada fase ini individu tetap perlu melakukan self-care dan social support. Fase kedua, stres/membutuhkan coping ditandai dengan masalah dalam tidur, mudah letih, sensitif, nervous, sedih. Pada fase ini individu membutuhkan coping yang tepat bisa dengan self-care atau social support. Fase selanjutnya struggling, ditandai dengan sikap yang buruk, kecemasan, performance yang buruk, menghindar, mengucilkan diri, susah kontrol diri, tidur yang amat berantakan atau terganggu. Pada fase ini individu perlu untuk mendapatkan dukungan dari komunitas (teman, orang tua atau orang terdekat lainnya). Fase terakhir yaitu crisis atau ill ketika individu tidak bisa tidur, depresi, mengarah pada bunuh diri, tidak mampu mengontrol perilaku, kecanduan alkhohol, panic attack dan agresif. Pada fase ini individu perlu mendapatkan pertolongan dari psikolog maupun psikiater di daerah sekitar.

Kita semua memiliki kesehatan mental, seperti yang dikatakan Direktur Jendral Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) “ Tanpa kesehatan mental tidak akan ada kesehatan fisik yang sejati. Kesehatan mental bukan hitam atau putih, seperti sehat atau tidak sehat. Ibaratnya, ketika masuk angin, flu dan penyakit fisik lainnya mempengaruhi kesehatan kita dalam derajat yang berbeda. Hal tersebut juga terjadi dalam kesehatan mental, orang bergerak dalam kontinum. Ada beberapa hari kita merasa sedikit sedih, stres atau bahkan berduka karena kehilangan. Kontinum bergerak dari kesehatan mental baik, rata-rata bahkan kesehatan mental yang buruk.”

KESEHATAN MENTAL YANG BAIK,
TIDAK SAMA DENGAN BAHAGIA 100%
TETAPI TENTANG KEMAMPUAN UNTUK
MENGHADAPINYA DENGAN BAIK.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN MENTAL

WHO menjelaskan bahwa kesehatan mental seseorang dipengaruhi oleh 3 faktor umum, yaitu:

  1. Faktor individu. Faktor genetik dan biologis
    Hal ini karena individu mempunyai riwayat gangguan mental pada keluarganya ataupun individu memiliki ketidaknormalan kromosom (misalnya pada Down Syndrome), atau bahkan terpapar dampak buruk yang terjadi saat kehamilan/proses kelahiran (misalnya alkohol dan kekurangan oksigen). Selain itu, faktor individu juga mencakup kemampuan individu untuk mengelola perasaan dan pikiran serta kemampuan bersosial (kecerdasan emosi dan sosial).
  2. Kondisi sosial dan ekonomi
    Faktor ini mencakup akses individu terhadap pendidikan dan mendapat pekerjaan, terjadinya kemiskinan, pola hubungan dengan sosial, serta stress di lingkungan kerja.
  3. Faktor lingkungan
    Faktor ini mencakup hal yang lebih kompleks, seperti akses terhadap komoditas dan layanan dasar (air, layanan kesehatan, hukum); kepercayaan kultural; diskriminasi; serta ketidaksetaraan sosial dan gender.

DAFTAR PUSTAKA:

  • Lim, J ( 2020, 26 Februari). EVERYONE HAS MENTAL HEALTH . Diakses pada https://www.inpsychful.sg/everyone-mentalhealth/
  • What Is Mental Health?. 2020. Diakses pada Tanggal 19 September 2020 https://www.mentalhealth.gov/basics/what-is-mental-health
  • WHO. (2012, 27 Agustus). RISKS TO MENTAL HEALTH: AN OVERVIEW OF VULNERABILITIES AND RISK FACTORS. Diakses pada 19 September 2020 https://www.who.int/mental_health/mhgap/risks_to_mental_health_EN_27_08_12.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *